oleh

Meningkatkan Efisiensi: Dewi Amalia Rahman Bawa Perubahan di Disdukcapil Kota Serang

Serang, Kemajuanrakyat.id- Dewi Amalia Rahman, S.STP, Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian Disdukcapil Kota Serang, mendalami berbagai inisiatif terbaru yang diterapkan untuk meningkatkan pelayanan publik di Kota Serang.

Demikian diungkapkan ya kepada wartawan kemajuanrakyat.id Yuyi Rohmatunisa Kamis 19/9/2024 dikantornya.

Dewi menjelaskan bahwa tugas Disdukcapil mencakup berbagai aspek, mulai dari persiapan alat tulis kantor (ATK) hingga manajemen kepegawaian dan penyampaian informasi dari Pemerintah Kota. “Kami bertanggung jawab atas pengadaan blanko KTP dan KIA. Setiap tahun, kami harus memperhitungkan kebutuhan ribbon yang menjadi ‘nyawa’ dalam pencetakan dokumen,” ujarnya.

Inovasi layanan juga menjadi fokus utama, seperti pengadaan layanan melalui WhatsApp dan Instagram. “Ini bertujuan mengurangi kerumunan di kantor, agar masyarakat dapat mengurus administrasi tanpa harus menunggu lama,” kata Dewi. Disdukcapil juga melakukan pelayanan keliling ke sekolah – sekolah untuk memudahkan perekaman data bagi anak-anak yang akan masuk sekolah.

Dewi menekankan pentingnya pengaduan masyarakat yang dapat disampaikan melalui berbagai saluran, termasuk email dan WhatsApp. “Kami responsif terhadap setiap pengaduan yang masuk, dan saat ini operator kami masih manual tanpa menggunakan robot,” imbuhnya.

Dalam konteks keterlibatan publik, Dewi menuturkan bahwa Disdukcapil juga mengadakan forum konsultasi untuk menerima masukan terkait regulasi pelayanan. “Kami ingin memastikan bahwa pelayanan kami relevan dan sesuai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Ia berharap masyarakat tidak lupa untuk mengurus administrasi kependudukan seperti KTP, KK, dan akta kelahiran. “Dokumen-dokumen ini sangat penting, dan kami siap membantu masyarakat dalam prosesnya,” tutup Dewi.

Wawancara ini menyoroti komitmen Disdukcapil Kota Serang dalam memberikan pelayanan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

( Yuyi Rohmatunisa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed