oleh

Kesbangpol Banten: Membangun Stabilitas Daerah Menjelang Pemilukada

Serang, Kemajuanrakyat.id-Epi Rustam, Sekretaris Kesbangpol Provinsi Banten, membahas peran penting lembaganya dalam menjaga stabilitas daerah menjelang Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) yang aman dan damai. Menurutnya, stabilitas daerah merupakan faktor kunci dalam pelaksanaan pemilukada.

Dalam wawancara eksklusif bersama Yuyi Rohmatunisa wartawan Kemajuanrakyat.id media online Pada, Jum’at (25/10/2024). Di ruang kerjanya.

“Kesbangpol memiliki agenda rutin dalam memfasilitasi kegiatan yang berkaitan dengan stabilitas daerah. Kami fokus pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” ujarnya.

Epi menekankan pentingnya kekompakan dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas. “Keberhasilan individu di dalam organisasi adalah cermin dari kesuksesan organisasi itu sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut, Epi menjelaskan tentang program deradikalisasi pelatihan bagi mantan eks Narapidana Terorisme (eks Napiter). “Kami bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan untuk memberikan pelatihan budidaya ikan kepada 15 napiter di Kabupaten Pandeglang. Selain itu, ada pelatihan membuat bakso cuanki yang melibatkan 5 orang eks napiter, lengkap dengan bantuan alat masak dari Dinas Sosial,” jelasnya.

Epi juga mengungkapkan rencana kerjasama dengan Dinas Perkim dalam memperbaiki rumah eks napiter. “Tahun ini, ada 9 rumah yang akan diperbaiki, dan kami sudah mengirimkan bahan bangunan ke beberapa lokasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, Kesbangpol juga berencana mengadakan pelatihan pembuatan kopi barista di Kecamatan Menes. “Target kami adalah mendukung hampir 200 orang dalam berbagai program. Meskipun kami belum bisa menjangkau semua, kami akan terus berkomunikasi dengan berbagai OPD di Provinsi Banten untuk menjaga stabilitas daerah,” pungkas Epi Rustam.

Dengan berbagai program yang diinisiasi, Kesbangpol Provinsi Banten berupaya mewujudkan stabilitas dan kesejahteraan, terutama bagi kelompok yang membutuhkan perhatian khusus.

( Yuyi Rohmatunisa)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed