oleh

Pernah Juarai Lomba Desa Wisata Tingkat Nasional, Pengelola Wisata Pantai Sawarna Harapkan Peran Serius Pemerintah 

LEBAK, Kemajuanrakyat.id – Kepala Desa Sawarna Kecamatan Bayah Kabupaten Lebak, Iwa Sungkawa, mengatakan, pihaknya sangat berharap kepada Pemerintah baik Kabupaten, Provinsi, maupun Pemerintah Pusat, agar melakukan pembinaan baik secara program maupun secara bantuan pengembangan wisata dalam bentuk fasilitas. Demikian dikatakan Iwa saat menerima kunjungan dari CJBI, bertempat dikantor Bumdes Desa Sawarna, Sabtu 26 Oktober 2024.

Didampingi Direktur BUMDes Desa Sawarna Jetri Andarka, Ketua Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Lili Suheli, Kades Sawarna Iwa Sungkawa memaparkan kondisi wisata di Pantai Sawarna, dari sebelum Covid-19, saat Covid, dan setelah Covid.

“Dimasa Covid, praktis kami semua tidak bisa berbuat banyak dalam pengelolaan wisata, baik dari sisi destinasi, Pelaku UMKM, sampai sektor pendukung lainnya,” ungkap Iwa.

Ada penghargaan, lanjut Iwa Sungkawa, atas kerjakeras dari semua pihak tak terkecuali Direktur BUMDes Wisata Pantai Sawarna memperoleh Juara Pertama pada Lomba Desa Wisata tingkat Nasional, serta Juara dua Ketua BUMDes Inovatif tingkat Nasional, Jetri Andarka, yang peganugrahan sertfikatnya dilakukan di Bali.

Ketua CJBI Martin Famati Ndruru, pada kesempatan itu menyampaikan program CJBI dalam Explore Wisata Pantai Bagedur dan wisata pantai Sawarna yang digelar Jum’at 25 Oktober di Pantai Bagedur dengan mengundang 40 pelaku UMKM di dua Tempat wisata.

“Kehadiran CJBI pada kegiatan explore wisata bertujuan untuk membantu para pelaku UMKM di Pantai Bagedur Malingping dan Pantai Sawarna Kecamatan Bayah, untuk menjembatani para pelaku UMKM mendapatkan sertifikasi HAKI dari Kemenkumham,” terang Martin.

Sementara itu, Direktur BUMDes Desa Sawarna Jetri Andarka berharap agar Pemerintah memberikan dukungan untuk kemajuan Destinasi wisata di Kabupaten Lebak, terkhusus Pantai Sawarna dan Bagedur.

“Penghargaan Pemerintah Pusat terhadap prestasi Desa Wisata nyata mengharumkan nama Pemerintah Daerah Pemkab dan Pemprov Banten, walaupun terletak di Desa dengan keterbatasan akses untuk wisatawan berkunjung, akan tetapi kami mampu mengangkat Provinsi Banten melalui Pariwisata,” ungkap Jetri.

Ketua Pokdarwis Provinsi Banten Lili Suheli menyampaikan ucapan terimakasih kepada CJBI yang telah peduli dengan para pelaku UMKM di Kabupaten Lebak dalam upaya meningkatkan taraf hidup melalui UMKM.

“Kepada Ketua CJBI Martin, dan semua anggota, saya sampaikan terimakaaih atas kehadiran dan semua program yang yang diterapkan di Kecamatan Malingping dan Bayah, semoga apa yang telah dilakukan CJBI dapat berdampak positif bagi pelaku UMKM di sini,” pungkas Eli. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed