oleh

Butuh Perhatian Dari Dinas, Beberapa Hektar Sawah Kekeringan Petani Menjerit

Kemajuan Rakyat, Bekasi – Para petani di wilayah Kecamatan Sukawangi dan Beberapa Kecamatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Khususnya Diwilayah utara menjerit, lantaran sawah yang digarapnya saat ini mengalami kekeringan pasca banjir sehingga, para petani terancam gagal panen pada tahun ini. Selasa (23/03/2021)

Sekretaris Desa, Tatang Desa Sukabudi Kecamatan Sukawangi, mengatakan pada awak media di kantornya ada ribuan hektare sawah tanaman padi milik petani yang mengalami kekeringan akibat saluran air Kali Cikarang menyempit dan dangkal. Selain itu, banyak juga air yang terbuang ke Kali Cikarang Bekasi (CBL) dari pada mengalir ke persawahan warga.

Saat ini para petani diwilayah Kecamatan Sukawangi dan beberapa Kecamatan diwilayah utara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ini menjerit, karena tanaman padi mereka terancam gagal panen, hal itu lantaran saluran air tidak mengalir dengan baik di wilayah ini,”Ucapanya Tatang Serkertaris Desa Sukabudi.

Masih kata Tatang menjelaskan, para petani sudah melakukan swadaya membendung Kali CBL agar air bisa digunakan untuk pertanian yang saat ini kekeringan, namun hingga kini ribuan hektare sawah diwilayahnya belum juga mendapatkan air yang cukup.

“Setiap musim tanam padi petani selalu mengeluh akibat air yang langka untuk mengairi lahan pertanian diwilayah Kecamatan Sukawangi, Kabupaten Bekasi, Khususnya diwilayah utara ini,” ungkap Tatang.

Sementara itu, para petani mendesak agar Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, segera melakukan langkah cepat untuk membantu kesulitan para petani, terutama sistem pengairannya yang dirasakan petani sering terjadi kekeringan diwilayah Kecamatan Sukawangi.

Saya memohon kepada Pemkab Bekasi harus segera mengatasi masalah kekeringan yang bakal mengancam kehidupan para petani. Jangan sampai petani tidak bisa merasakan hasil panen mereka, tegas salah seorang warga petani diwilayah Kecamatan Sukawangi.

“Lanjut Tatang Pihaknya meminta agar Pemerintah Kabupaten Bekasi, harus segera sigap memperbaiki saluran air yang ada di wilayah itu.

Dia juga meminta Pemkab Bekasi agar segera meninjau langsung kekeringan yang melanda ribuan hektare lahan pertanian diwilayah utara.

Perlu diketahui, lahan Pertanian yang mengalami kekeringan di emapat Kecamatan diantaranya di Kecamatan Sukawangi, Kecamatan Tambelang, Kecamatan Sukakarya dan Kecamatan Sukatani. Kata Sekdes

(Yusup/WDI)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed