Kemajuanrakyat, Jakarta _ Komisi Perlindungan Anak Indonesia [ KPAI] melalui salah satu Komisionernya Retno Listyarti meminta kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI agar merobah kurikulum sejarah.
Pasalnya kata Retno banyak ditemukan kekerasan didalam mata pelajaran sejarah dan terkesan isinya Jawa Sentris. Sehingga hal ini bisa mempengaruhi pola pikir para pelajar didalam memahami sejarah Indonesia.
Jadi sangat perlu mata pelajaran sejarah ini dirobah agar anak-anak kita bisa memahami sejarah bangsanya dengan akal sehat.
Hal ini diungkapkan Retno dalam menanggapi rencana Kemendikbud merobah kurikulum pelajaran sejarah
Berikut ini tanggapan dan usulan Retno Listyarti, Komisioner KPAI terkait rencana pemerintah menyederhanakan kurikulum sejarah, yaitu sebagai berikut :
- Sebagai Komisioner KPAI, saya menilai keputusan tersebut tidak tepat. Semua anak, baik di jenjang SMA ataupun SMK berhak mendapatkan pembelajaran sejarah dengan bobot dan kualitas yang sama.
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah bangsanya. Bagaimana mau menghargai kalau pelajaran tersebut tidak diberikan. Nilai-nilai yang dipelajari dalam sejarah bangsa merupakan nilai karakter nyata dan teladan bagi generasi muda, pembelajaran sejarah juga dapat meningkatkan apresiasi terhadap karya para pendahulu, memberikan perspektif dan ukuran untuk menilai perjalanan bangsa
- Sebagai mantan guru PPKn yang pernah mengajar selama 24 tahun, saya menilai memang ada muatan-muatan kurikulum sejarah dan materi pelajaran sejarah yang harus diperbaiki, begitupun metode pembelajaran sejarahnya, mumpung Kemdikbud sedang menyederhanakan kurikulum.
Misalnya: (a) kurikulum sejarah Indonesia didominasi oleh sejarah perang dan kekerasan (mulai dari Perang Bubat, Perang Diponegoro, Perang Padri, Perang Jawa, Perebutan tahta Singosari Ken Arok, dll), barangkali ini perlu diperbaiki agar generasi muda tidak salah menafsir seolah-olah sejarah bangsa kita penuh kekerasan sehingga nantinya dicontoh oleh generasi berikutnya.
Dikhawatirkan generasi mudanya akan menyelesaikan masalah dengan kekerasan bukan dengan dialog”. Padahal pembelajaran sejarah sejatinya dapat menjadi instrumen strategis untuk membentuk identitas dan karakter generasi muda sebagai penerus bangsa.
(b) Kurikulum sejarah juga didominasi oleh sejarah Jawa dan kurang memberikan tempat sejarah wilayah lain, sehingga anak Papua, anak Aceh, Anak Kalimantan, Anak Sulawesi, Anak Sumatera, dll belajarnya sejarah Jawa, padahal daerahnya juga memiliki sejarah yang layak dipelajari anak bangsa ini.
(c) Pembelajaran sejarah oleh para guru selama ini memang cenderung hafalan, bukan pemaknaan dan esensi nilai-nilai apa saja dari suatu peristiwa sejarah tersebut bagi perjalanan bangsa dan bagaimana peristiwa buruk bisa menjadi pembelajaran yang tidak boleh terulang di kemudian hari. Selama ini, pembelajaran sejarah cenderung membosakna bagi anak-anak karena hanya hafalan seputar apa kejadian, dimana kejadiannya, siapa saja tokoh sejarahnya, kapan terjadinya dan dimana kejadiannya.
Bagaimananya dari peristiwa sejarah itu jarang digali dan didalmi melalui dialog. Kalau hafalan, cenderung mudah dilupakan dan tidak dipahami makna suatu peristiwa sejarah.
Demikian disampaikan oleh Retno Listyarti, Komisioner KPAI Bidang pendidikan di Jakarta Ahad (20/9/2020).[red]
Komentar